Jumat, 27 Agustus 2010

Serunya Belajar Cara Membuat Bakso

Bakso memang makanan yang tak lekang dimakan waktu. Kapanpun dan dimanapun pasti dengan mudahnya kita bisa menemui makanan ini. Makanan berbentuk bulat yang terbuat dari daging ini, kini sudah semakin banyak variasinya. Bentuk dan isian bakso pun sudah beraneka ragam. Sehingga hal ini juga yang membuat para peserta tertarik untuk mengikuti kursus yang diadakan oleh CV. Tristar Chemical pada hari Sabtu (8/5) dengan tema bakso.

Kursus yang dimulai pukul 10 pagi ini diikuti oleh 6 peserta yang tak hanya datang dari Surabaya. Bahkan ada peserta yang datang jauh-jauh dari Kertosono dan Banyuwangi hanya untuk mengikuti kursus ini karena menariknya tema yang diajarkan. Pada kesempatan kali ini, kursus diajarkan oleh Erna sebagai instrukturnya dengan dibantu beberapa kru TRISTAR.
Tak kurang dari 6 materi yang diajarkan, mulai dari membuat bakso daging sapi tanpa pengenyal hingga cara membuat kuah bakso. Materi pertama yang diajarkan adalah cara membuat bakso daging sapi tanpa pengenyal. Dengan lantang Erna menjelaskan langkah demi langkah pembuatannya, tak lupa Erna memberikan berbagai tips yang sangat bermanfaat agar bakso yang dihasilkan bisa kenyal. “Pilihlah daging yang masih segar dan kondisinya masih lengket serta mengkilat. Jangan pilih daging yang sudah berair, hal ini akan membuat bakso yang dihasilkan tidak kenyal”jelas Erna. Para peserta pun dengan antusias menyimak penjelasan Erna.

Ulasan materi dilanjutkan dengan materi-materi lainnya yaitu cara membuat bakso daging sapi dengan pengenyal, bakso daging sapi kasar, bakso daging sapi dengan tambahan bahan sintetik, cara membuat siomay dan tahu bakso, pangsit goreng bakso, kuah bakso, dan sambal bakso. Ada yang menarik dalam pembuatan bakso daging sapi dengan pengenyal, karena para peserta ditunjukkan secara langsung membuat bakso dengan mesin blender industri. Tak hanya itu, peserta juga diberikan variasi pembuatan bakso seperti bakso daging sapi kasar yang dibentuk kotak dan bakso dengan tambahan bahan sintetik yaitu soya protein.

Selain penjelasan dan juga step by step pembuatan bakso, para peserta juga diajak ikut serta mempraktikkan cara membentuk atau membulatkan bakso dengan tangan dan cara membuat pangsit goreng bakso serta siomay. Peserta mengaku sangat puas dengan mengikuti kursus ini dikarenakan banyak ilmu yang mereka peroleh selain itu suasana kursus juga menyenangkan. Bahkan peserta dari Banyuwangi, Hari akan berencana membuka usaha bakso begitu pensiun dari tempat kerja. “Makanya saya antusias sekali mengukuti kursus ini, agar nantinya saya tahu dengan benar cara-cara membuat bakso untuk usaha”ujar Hari.
Setelah puas dengan materi yang diajarkan, para peserta diberikan waktu istirahat untuk makan siang sambil menunggu hasil praktik matang dengan sempurna. Waktu istirahat pun dimanfaatkan oleh para peserta untuk saling bertukar pikiran. Setelah hasil praktik matang, tak lupa hasil materi yang sudah dipraktikkan dapat langsung dibawa pulang oleh masing-masing peserta./iwa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar